10 Istana dan Benteng Paling Menarik di Dunia


HINGGA saat ini masih berdiri megah beberapa istana dan kastil peninggalan bersejarah di berbagai negara. Bangunan bersejarah itu kini telah menjadi salah satu tujuan wisatawan mancanegara. Kali ini, kami menyajikan sepuluh istana dan benteng menarik di dunia, yang kami kumpulkan dari berbagai sumber.

1. Potala Palace, Tibet
blog-apa-aja.blogspot.com
Potala Palace adalah bangunan istana megah yang dianggap suci dan dulunya dijadikan sebagai tempat tinggal Dalai Lama di puncak gunung Potala, Lhasa, Tibet.

Bangunan berukuran 400 x 350 meter ini memiliki sekitar 200 ribu patung, seribu kamar lebih dan 10 ribu tempat pemujaan yang terkumpul di puncak Marpo Li, yaitu lembah merah (red hill) yang menjulang tinggi lebih dari 300 meter dari dasar lembah.

Adapun dua lembah utama “Tiga Penjaga Tibet†lainnya yang terbagi di beberapa sudut istana, seperti Chokpori di bagian selatan Potala dan Pongwari yang mewakili bagian dari dewi Kwam Im (Avalokitesvara).

2. Predjama Castle, Slovenia
blog-apa-aja.blogspot.com
Negara Eropa di sebelah barat Italia ini memiliki bangunan benteng atau kastil unik yang tepampang di mulut gua. Pada 1274, Predjma Castle Slovenia dibangun oleh Patriark Aquileia dengan gaya Gothic dan masih bernama Luegg Jerman.

Meski pada saat itu areanya sulit dijangkau, namun keluarga kerajaan Jerman Luegg berhasil mengembangkan akses perjalanan menuju ke sana atau yang d ikenal sebagai Knights of Adelsberg.

Lokasi ini pernah dijadikan tempat pembuatan film ternama The Armour of God yang dibintangi oleh Jackie Chan, Alan Tam, Rosamund Kwan dan Cameron Zavaski pada 1986.

3. Prague Castle, Ceko
blog-apa-aja.blogspot.com
Prague Castle atau Kastil Praha adalah salah satu kastil kuno terbesar di dunia yang terletak di Praha, ibu kota Republik Ceko.

Dahulu kastil berukuran 570 x 130 meter ini dijadikan sebagai Mahkota Kerajaan Bohemia, tempat tinggal bagi raja-raja Ceko, kaisar-kaisar suci Romawi, serta kantor pemerintahan Presiden Republik Ceko.

4. Mont Saint-Michael, Prancis
blog-apa-aja.blogspot.com
Di Normandi, Prancis, Anda bisa menyaksikan pemandangan cantik dari sebuah kastil yang berdiri di atas pulau kecil dan berbatu Mont Saint Michael.

Meski sempat tenggelam di dasar laut, Mont Saint Michael (Pulau Pasang) yang memiliki sebuah jembatan tipis dan berumur jutaan tahun ini kembali muncul akibat terjadinya erosi yang besar.

5. Matsumoto Castle, Jepang
blog-apa-aja.blogspot.com
Matsumoto Castle atau Kastil Matsumoto adalah nama istana yang terletak di Kota Matsumoto, Jepang. Kastil ini dibangun sebagai benteng pertahanan perang pada masa Klan Takeda dan Tokugawa Leyasu berkuasa (1550). Akses perjalanan menuju Matsumoto Castle bisa dijangkau dari Tokyo melalui transportasi kendaraan kereta api dan juga mobil pribadi.

6. Malbork Castle, Polandia
blog-apa-aja.blogspot.com
Meski pada Perang Dunia II sebagian bangunan kastil di Polandia ini telah hancur, namun pada 1962 Malbork kembali dibangun dengan restorasi yang lebih menarik.

Malbork adalah Istana Marienburg (nama sebelumnya) yang dibuat oleh Ordo Teutonik dari bahan batu bata dan terbagi atas tiga bagian yang terpisah. Mulai dari bawah, atas dan tengah terpisah oleh beberapa menara dan rerumputan. Luas Malbork Castle bisa mencapai 21 hektar atau empat kali lebih besar dari Istana Windsor dengan penghuninya sekitar 3 ribu tentara.

7. Palacio da Pena, Portugal
blog-apa-aja.blogspot.com
Istana kuno di Sao Pedro de Penaferim, Sintra, Portugal ini berdiri di puncak bukit yang tinggi dan mudah terlihat dari sisi Lisbon, ibu kota Portugal pada siang hari.

Selain terlihat megah dengan penutup kubah di bagian atasnya, Palacio de Pena juga merupakan monumen nasional paling romantis yang ada di dunia. Bahkan dijadikan sebagai salah satu tujuh keajaiban Portugal selama ini.

8. Hunyad Castle, Rumania
blog-apa-aja.blogspot.com
Sejarah menceritakan bahwa Hunyad Castle merupakan tempat dimana Raja Vlad III dari Wallachia terpenjara selama tujuh tahun di sana.

Hunyad Castle adalah sebuah istana di Transylvanian Hunedoara, Rumania yang sempat berpindah tangan ke Kerajaan Hongaria pada tahun 1541. Tempat ini terlihat gelap dan seringkali dianggap sebagai rumah besar bagi para drakula.

9. Neuschwanstein Castle, Jerman
blog-apa-aja.blogspot.com
Neuschwanstein Castle merupakan bangunan kastil kuno Bavaria abad-19 buatan Raja Bavaria Ludwig II yang terletak di puncak pegunungan Jerman.

Area kastil ini sangat dekat dengan tempat-tempat penting, seperti Hohenschwangau dan Fussen di barat daya Bayern.

Sejak tahun 1886, Neuschwanstein Castle dijadikan sebagai salah satu tempat wisata terpenting Jerman.

10. Lowenburg Castle, Jerman
blog-apa-aja.blogspot.com
Selain Neuschwanstein Castle, di Jerman juga terdapat kastil terkenal lain yang bernama Lowenburg Castle.

Lowenburg Castle dibangun pada tahun 1745 dan dijadikan sebagai tempat kediaman Pangeran Philip dari Eulenburg (1847-1886).

Lowenberger adalah sebuah kotamadya di distrik Oberhavel, di negara bagian Jerman Brandenburg yang berjarak sekitar 50 km di sebelah utara Berlin, Jerman.